coba template

Words and Sentences are Inspiration and Motivation

Sunday, March 18, 2012

Mawapres 2009

Barusan buka-buka file di laptop, dan menemukan sebuah folder berjudul: Mawapres. Mawapres adalah singkatan dari Mahasiswa Berprestasi. Ternyata saya pernah menjadi Mawapres 2009 di tingkat Fakultas dan Universitas Tanjungpura :p hehehe ^.^v

Dan ternyata *ini yang membuat saya sangat bahagia*, karya tulis yang mengantarkan saya sebagai Mawapres berjudul: 

MEMAKSIMALKAN BLOG SEBAGAI SARANA PENINGKATAN 
MOTIVASI MENULIS BAGI MAHASISWA. 

Tentang Blog! Menyenangkan sekali.

Memang di 2008-2009, saya lagi semangat-semangatnya ngeblog. Bisa dilihat sendiri, jumlah postingan saya di tahun 2008 sebanyak 131 tulisan, dan di 2009 sebanyak 113 tulisan. Walaupun tidak setiap hari menulis, tapi jumlah segitu lumayan juga kan dibanding jumlah tulisan di tahun-tahun berikutnya? Hehehe.

Meskipun tidak mendapatkan Juara 1, menjadi Juara 2 Mawapres untuk tingkat Universitas wasn't really bad at all. Waktu itu, saya mempresentasikan judul karya tulis ini dengan semangat menggelora, sampai-sampai menurut salah seorang penguji, penampilan saya mirip Mario Teguh versi wanita ahahaha :))))

Apa liatliat? :p

Akibat dari menjadi Mawapres 2009, Bapak Mahdi selaku Pembantu Dekan III FKIP Untan saya diminta untuk ke studio foto, daaaan ternyata oleh beliau foto saya di atas itu dipajang di ruang tamu kampus tercinta, FKIP Untan. Alhamdulillaah, sekarang foto saya sudah tidak dipajang lagi. Kalo ada yang naksir kan kasian :p

Nah, karena saya senang dan bahagia dengan karya tulis tentang blog itu, maka kali ini saya mau bagibagi abstraknya. *jadi inget pernah bagibagi abstract skripsi hehe*

ABSTRAK EDISI BAHASA INDONESIA

ABSTRAK


MEMAKSIMALKAN BLOG SEBAGAI SARANA PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS BAGIMAHASISWA


Perkembangan Teknologi danInformasi Komunikasi (TIK) di berbagai bidang sangat pesat. TIK di duniapendidikan tidak hanya dilihat sebagai suatu keperluan, tetapi juga sebagaikesempatan. Pada bidang pendidikan bahasa Inggris, misalnya, perkembangan TIKdapat memberikan dimensi baru dalam pengembangan literasi bagi pebelajar; TIKmampu memberikan kesempatan berkreasi bagi penulis-penulis muda, khususnyamemberikan akses informasi secara luas. Akses informasi inilah yang kemudianmenjadi sangat penting untuk peningkatan kemampuan menulis bagi pebelajarkelak.
Untuk memulai menulis, pebelajarbisa mengawalinya dari sesuatu yang sederhana dan informal, misalnya jurnalatau diari kegiatan sehari-hari. Namun, pembelajaran menulis saat ini masihdirasakan konvensional. Pengajar cenderung meminta pebelajarnya untuk membuatsuatu tulisan tanpa langkah menulis ang sederhana, misalnya dengan cara membuatkerangka tulisan, konsep map (mind mapping), brainstorming  (curah pendapat) dan langkah-langkah awalmenulis lainnya. Seringkali topik yang diberikan terbatas karena bersifatilmiah dan formal, tidak menantang eksplorasi, kehilangan unsur inovasi dankreasi. Selama ini, umpan balik hanya didapat dari pengajar. Sementara,diyakini umpan balik yang berasal dari beragam kalangan bisa membantumeningkatkan kualitas menulis.
Salah satu cara yang bisadigunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis pebelajardengan memanfaatkan TIK adalah dengan blog (jurnal online). Blog adalah sebuahjurnal online dimana pebelajar bisa menulis apapun yang menurut mereka menarik,mengeditnya, mempublikasikannya, dan bahkan membuatnya menjadi media agihan(sharing) bagi semua yang terlibat didalamnya. Menulis dengan memanfaatkan blogdapat memberikan audiens yang nyata dan potensial untuk perbaikan kualitastulisan pebelajar. Blog memicu mahasiswa untuk berinovasi, bereksplorasi, dan berkreasidengan lebih baik karena blog merupakan media online yang dapat diakses kapansaja dan dimana saja sehingga memberikan interaksi yang lebih dinamis,kemampuan literasi yang lebih baik, bahkan perkembangan bekerja dalam tim.

Kata kunci: blog, motivasi menulis, jurnal online

ABSTRAK EDISI BAHASA INGGRIS

MAXIMAZING BLOG AS THE MEDIA
FOR COLLEGE STUDENTS’ WRITING MOTIVATION


Today, theimprovement of Information Communication and Technology (ICT) in many aspectsis growing faster. It is a need as well as a chance. For example, in EnglishLearning, the growing of ICT can contribute new dimension toward the learners’literacy; ICT is able to give a chance for the young writers to expand theircreativity. Good writing skill is very crucial things for the learners as theirpreparation for tomorrow.
To startwriting, the learner can learn from simple and informal things, such as dailyjournal or diary. However, the learning for writing nowadays seems to be stillconventional. The lecturers or the tutors tend to have the learner produce adirect composition without writing process. The topic given is also limited. Itmakes it is less interesting, less of challenge in exploring, and also lack ofinnovation as creativity. Even, as the time being, the lecturers or the tutorsare the only corrector of the learners’ writing. It lessens the feedback andinteraction in writing process.
One of theways to improve the quality of learning and writing skill of the learners by usingICT is through blog or online journal. Blog is an online journal where thelearners can write everything that gets their interest. The writing then willbe edited, published, and even had it to be shared with all of internet user.It is believed that writing through blog can give real audience and ispotential enough. Blog triggers college students to do the improvement, theinnovation, the exploration, and good creation of the learners. Blog is easilyaccessed everywhere and every time so it gives more dynamic interaction, goodliteracy ability, even for the improvement in a team work.

Key word: blog, writing motivation, online journal.


Nah, sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat :D

6 komentar:

  1. Horeee kumentur yang pertama iyess. Wehehehehe. Mantaf mantaf. Senang dengan artikel kali ini, dan bertema asyik seputar Blog dan Blogging. Wehehehe Futunye ngejreng bangeds. Full eksis habis.

    Berprestasi memang sangat menyenangkan, buah dari hasil kerja keras yang tak kenal lelah layak mendapatkan penghargaan dan appresiasi.

    Terakhir saya ke Fakultas (FKIP tentunya) sekitar bulan apa gitu masih di tahun 2012 awal gitu. Kebetulan mau ketemu salah satu staf di sana (Pak Ngatiran) ada keperluan. Saya sudah melihat deretan futu futu gede menghiasi ruang tamu FKIP. Futu lengkap dengan data prestasi yang berhasil dicapai. Memang baik sekali bisa memacu semangat dan memotivasi mahasiswa untuk berprestasi di bidang apa saja. Great Posting.

    Happy Blogging


    Asep Haryono
    simplyasep.blogspot.com
    www.asepharyono.com

    ReplyDelete
  2. ahihi, kalo bagi saya, pemajangan foto *terutama foto saya* di ruangan itu adalah ajang aktualisasi diri(baca: narsis) bagi beberapa orang mahasiswa :p

    udah lama tak ke FKIP, sepertinya foto2nya nambah deh. Makin banyak yang berprestasi, makin mirip pameran foto aja ruang tamu FKIP hehe..

    ReplyDelete
  3. emang dipajang brp lama bah? kok km tebolak balek FKIP tu tak ku temukan poto muke ko din? yg ad muke elisot jak tuh :D

    ReplyDelete
  4. Sekitar 2 taonan kci. Dari 2009 sampe 2011. Dipajangnye tepat di sebelah ruang Pudek 1.

    Berarti anda tidak termasuk golongan yang beruntung bisa nengok poto kame dipajang di ruang FKIP B-)

    ReplyDelete
  5. Hebaaaaat! :-bd
    Salam kenal ya mbak...

    ReplyDelete
  6. @Tebak Ini Siapa

    Alhamdulillah :D

    Salam kenal juga una ^^

    ReplyDelete

© coba template, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena