coba template

Words and Sentences are Inspiration and Motivation

Tuesday, February 21, 2012

Pulau Temajok, Temajok Island

Pulau Temajok

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan bahwa Pulau Temajok yang akan saya tuliskan kali ini bukanlah Temajok yang merupakan nama sebuah Desa di Camar Bulan kabupaten Sambas. Temajok yang ini adalah nama sebuah pulau kecil yang terletak di dekat Pantai Kijing. Dari sebuah web berjudul: Your Gateway to Southeast Asia yang memperkenalkan tentang Kalimantan Barat, saya temukan deskripsi seperti ini tentang Pulau Temajok:

This island faces Natuna Sea and offers beautiful nature scenery and crystal clear waters, perfect for snorkeling and diving. It’s located nearby Kijing beach, about 1 hour with water motor from Sungai Kunyit Village. Sungai Kunyit itself is near Singkawang, about 2-3 hours with car from Pontianak. Temajok is a remote island, there is no electricity here and as far as I know no one lives here. The people from the village will pick up visitors every 2 days at a rendezvous point. It is important to bring your own supplies and be prepared to cook by yourselves. In terms of accommodation there are only 2 cottages available, so a tent might come in handy. If you’re not an experienced trekker, maybe it is better to rely on a guide.

25 April 2010, saya dan KEy (Khatulistiwa English Community) members menjalankan salah 1 program kami, yaitu KEy on Vacation. Bosan dengan Pantai Pasir Panjang dan sejenisnya *karena dari SD sampai kuliah, kalau tur akhir tahun ajaran hampir selalu kesana*, beberapa teman pun menyarankan untuk berlibur ke Pulau Temajok. Saya sendiri sudah sangat lama pengen mampir ke pulau ini. Rupanya tidak semua members setuju, sehingga diadakanlah voting. Dan alhamdulillah, kami akhirnya sepakat dengan pilihan terbanyak: Pulau Temajok.

Jangan bayangkan untuk mencapai pulau ini segampang kalau kita pergi ke Pantai Kijing atau Pantai Pasir Panjang yang begitu turun dari motor/mobil/bis bisa langsung lihat pantai. Kita harus sewa kapal motor untuk mencapai Pulau Temajok. Biaya sewa kapal motor waktu itu sekitar Rp. 100.00an. Saya ga inget juga soalnya bukan saya yang bayar hihihi. Kapal motor ini relatif kecil, hanya bisa menampung 10-15 penumpang. Kalo kelebihan bisa merbahaya. Bisa kelelep.

Dari dermaga kecil di Sungai Kunyit, kami menuju kapal motor pake sampan kecil. Harus pake sampan dulu karena kapal motornya memang tidak bisa sandar berhubung airnya dangkal. Dengan kapal motor kami menempuh perjalanan sekitar 1 jam untuk sampai ke Pulau Temajok. Tidak ada dermaga sama sekali di pulau ini. Kapal pun tidak bisa sandar. Pulau ini kosong melompong, tak ada penghuni sehingga tak ada juga sampan kecil yang menjemput. Eng ing eeeng, dimulailah petualangan kami. Satu per satu kami melompat dari kapal motor, menceburkan diri ke laut, dan berenang ke tepi pantai. What a memorable memory!

Begitu tiba di pantai ini, Subhanallaah, takjub ternyata tempat cantik begini ada di Kalimantan Barat. Bahkan sebelum nyampai pun saya sudah takjub sendiri dengan pulau ini. Tampak amat sangat indah.  Very worthed to be our destination for vacation deh pokoknya. Saya dan KEy members lainnya pun menikmati pantai ini sepuaspuasnya berhubung memang tidak ada orang lain selain kami yang ke sana hari itu. Nih, cantik kaaan pantainya. 

Scenery of Temajok Island

Setelah kejar-kejaran, main-main pasir, bergaya seperti Westlife di tepi pantai, berayun seperti tarzan dan menikmati bekal makan siang, Izhan Fakhruzie (Oji), salah seorang KEy members yang sebelumnya sudah pernah main ke Pulau Temajok, mengajak kami menyusuri pantai di sebelah barat melalui sisi pulau yang lebih tinggi. Mau dibilang climbing, ga juga climbing sih. Tapi capeknya mirip-mirip abis climbing. Melalui jalan setapak yang menanjak, kami pun ikut ajakannya Oji. 

Rasanya pengen saya marahin aja Oji waktu itu soalnya perjalannya cukup jauuuh dan cuapeknya pol. Tapinya begitu nyampe ke spot tertinggi pulau, Subhanallah Maasya Allah sungguh cantik ciptaan Allah. Terbayar rasanya haus dahaga pegal merajalela di sekujur tubuh dengan pemandangan yang langsung saya saksikan dengan mata kepala sendiri. Supaya momen ini abadi, saya rikwes difotoin sama Elisa. Tak lupa, foto rame-rame dengan KEy members lainnya juga. Tapi fotonya ini kok ya kayak bukan orang yang lagi jalan-jalan ke pantai. Lebih mirip orang abis naik gunung ._. 

Jangan liat modelnya, fokus ke pantainya :p


Say Cheeeers \^.^/

Well then, sudah capek seharian liburan, tiada terasa tiba saatnya untuk tinggalkan Pulau Temajok. Kami sudah janjian dengan mamang kapal motornya untuk dijemput pukul 3 sore. Sama seperti waktu nyampe, ketika pulang pun kami harus menceburkan diri ke laut untuk naik ke kapal motor. Tas ransel dijinjing kemudian diletakkan di kepala, lalu ditaruh di kapal motor, dan kami sempatkan berenang dulu sebelum naik :D Yang ga bisa berenang? Ya jalan saja. Masih bisa dijejaki kok pasirnya :)


Nyebur ke laut menuju kapal motor

Ayooo, teman-teman yang belum pernah ke Pulau Temajok, agendakan liburan berikutnya untuk menikmati keindahan pulau ini. Lebih asik kalo pergi ke sana rame-rame dengan keluarga atau teman-teman. Kalau belum bisa berenang, perginya harus sama yang bisa berenang yaa. Merbahaya kalo serombongan tak bisa berenang semua hihihi. Dan yang paling penting: Jangan takut basah! Karena mau tidak mau, tetap akan basah kalau mau nyampe ke pulaunya.

Well done. Have a great vacation there guys!

9 komentar:

  1. cantek tempatnye.. Aeknye Biru.... sejok mateee.......

    ReplyDelete
  2. Wah mantaf. Pulau Temajok sering saya liat virtual aja, dan googling futu futu. Unfortunately I have never been here. Poor me yah.

    Berharap suatu saat nanti bisa mampir di sini bersama sama keluarga. Sejauh ini sih saya sudah liat pantai Kijing, dan Sinka Island aja.

    Thanks again for sharing this information Miss Syahdini. I really appreciate it. I really do
    Top markotopssssss

    ReplyDelete
  3. Hiks..Hiks.. I wasn't there with KEY. So regret la dinnnnNNnn....

    ReplyDelete
  4. @Eel, banget el.. ke sana laah..

    @Kang Asep, thanks a bunch again for your compliment kang.. Come on kang, go there with your fam. Tapi kalo bawa abbie sama tazkia mah bakalan repot kang hihihi..

    @Kak Dwi, ikut world tour KEy 2012 jak yoook.. kame mao ikot naaa..

    ReplyDelete
  5. hihi ternyate banyak yg kesal ye waktu kame ajak ke puncak :D

    ReplyDelete
  6. kesal yang terbayarkan ji, tenang jak..

    ReplyDelete
  7. Truly Love this moment,.Impressive! Je2 is so crazy about this island,.ahhahaha,......steamed shrimps? That's how we look at the time! Miss the old moments of KEy,.it brings a thousand of happiness

    ReplyDelete
  8. A looooot.. If only I could find a word to describe a feeling more than longing, I would use it hihihi.. Yeassss desrait, we were just like a steamed shrimps wkwkwk..

    Let's make a new moment in the next Key World Tour :D

    ReplyDelete

© coba template, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena